Rabu, 23 Februari 2011

Geografi brazil

B. Letak geografis dan astronomis wilayah Brazil

Brazil merupakan negara terbesar di wilayah Amerika Selatan, tepatnya di antara 5°LU - 34°LS dan 35°BB - 74°BB. Luas negara ini mencapai 8.547.404 km². Secara Geografis bagian utara berbatasan dengan Venezuela, Guyana, Suriname, Guyana Perancis. Sebelah selatan berbatasan dengan Bolivia, Paraguay, Argentina, Uruguay. Sebelah barat berbatasan dengan Kolombia dan Peru. Sebelah timur berbatasan dengan Samudera Atlantik. 
C.  Kondisi Fisik wilayah Brazil

Brazil meliputi wilayah yang luasnya sama dengan luas gabungan semua negara Eropa atau meliputi area seluas 28 kali wilayah Italia.
Topografi

Bentang alam Brazil didominasi oleh dua ciri yang menonjol, yakni sungai Amazon dengan daerah aliran sungai dataran rendah yang mengelilinginya seluas 4.000.000 km persegi, dan Dataran Tinggi Tengah yang terletak di sebelah kanan sungai besar itu. Kebanyakan Dataran Tinggi Tengah terdiri dari tanah datar, berkisar dari ketinggian 984 sampai 1.640 kaki (300 sampai 500 meter) diatas permukaan laut, diselingi oleh rangkaian pegunungan rendah lembah. Dataran Tinggi tersebut membentuk lereng yang tajam disebelah timur, dimana beberapa puncak mencapai ketinggian 8.202 kaki (2.500 meter) atau lebih, dan kemudian menurun dengan tajam ke dataran pantai Atlantik yang menyempit. Puncak tertinggi Brasil, yaitu Pico da Neblina, mencapai ketinggian hingga 9.888 kaki (3.014 meter), terletak di sebelah utara dekat dengan perbatasan Venezuela.

1 komentar: